Tinjau Lokasi Longsor Saptanajaya, KMP Kerahkan Kader Untuk Bergotong-Royong

  • Whatsapp

Pasangkayu – Kawan Muda Pribumi (KMP) mengunjungi lokasi bencana tanah longsor di Dusun Binakarya Desa Saptanajaya Kecamatan Duripoku Kabupaten Pasangkayu, Selasa (08/09/2020). KMP ingin memastikan lokasi terdampak sudah benar-benar tertangani dengan baik.

Untuk diketahui, bencana terjadi Senin (07/09/2020) sekitar pukul 15.45 WITA. Sebelum itu hujan lebat mengguyur hampir merata di seluruh kawasan Kabupaten Pasangkayu dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Jendral KMP Pasangkayu Robin Chandra Hidayat yang turun langsung di tempat kejadian mengapresiasi semua pihak yang turut andil saat bergotong-royong.

“Kami ingin memastikan lokasi sudah aman atau tidak. Apresiasi saya kepada Karang Taruna Desa Saptanajaya, Babinkamtibmas, masyarakat, terutama kawan-kawan Kader KMP Kecamatan Duripoku dan Desa Saptanajaya yang langsung sigap mengambil tindakan dan membersihkan lokasi setelah sebelumnya malam hari mengunjungi lokasi kejadian,” ujar Robin di sela-sela kunjungan.

Robin meminta warga, khususnya pemilik rumah yang terdampak, untuk bersabar dan tetap bersyukur karena tidak ada korban cidera maupun meninggal dunia. Ia juga meminta pemangku kepentingan atau pemerintah untuk membentuk satuan tugas (satgas) guna menangani bencana ini.

“Saya harap pemerintah segera turun tangan untuk membantu warga yang kena musibah. Supaya kerusakan-kerusakan bisa segera diperbaiki. Gotong royong seperti ini harus tumbuh dan dipertahankan karena struktur tanah sangat berbahaya jika intensitas hujan tetap tinggi dan tidak segera ditanggulangi oleh alat berat,” tuturnya.

Ketua Karang Taruna Desa Saptanajaya, Amrul Hadi menceritakan, longsor terjadi sekitar pukul 15.35 WITA. Setelah sebelumnya hujan lebat mengguyur kawasan ini yang juga mengakibatkan banjir hebat pada sejumlah titik di Desa Saptanajaya.

“Material longsor menerjang tembok dan masuk ke bagian belakang rumah yang terdampak dan 3 rumah lainnya di rumah Ibu Asifah. Beruntung pada saat itu tidak ada warga yang berada di dalam rumah, jadi tidak ada korban,” kata Amrul.

Beberapa saat usai kejadian, KMP, Karang Taruna Desa Saptanajaya dan Kepala Dusun Binakarya Ismail, yang dibantu warga melakukan pembersihan awal.

“Karena lokasi ini berada di lereng gunung yang cukup terjal, kita harap pemerintah terkait segera menurunkan alat berat untuk memperbaiki. Sedangkan rumah, diperbaiki dari swadaya masyarakat dan keluarga pemilik rumah,” imbuh Robin.

KMP juga akan memberikan sedikit bantuan untuk korban.

“Ada sedikit bantuan, meskipun nilainya tidak besar setidaknya itu adalah bentuk perhatian kami kepada sesama apalagi Saya juga adalah warga Desa Saptanajaya,” tutup Robin.

  • Whatsapp