Patut dicontoh! Kades Ini Tempelkan Daftar Penerima BLT

  • Whatsapp

Beritasulbar.com, Jumlah Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bermasalah dan tidak tepat sasaran, penerima BLT memang harus diumumkan. Margaretha Hasuni, Kepala Desa Teluk Kijing 2, Distrik Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, melakukan itu.

Sebagai bentuk transparansi, nama-nama penerima BLT dipasang di setiap dusun.

Bacaan Lainnya

BLT sebesar Rp. 600.000 ribu per kepala keluarga akan diterima oleh penduduk yang digolongkan kurang mampu dan layak karena dampak Covid-19.

Anggaran menggunakan Dana Desa 2020 adalah 35% dari Dana Desa Teluk Kijing sebesar Rp. 1.525.760.000.

“BLT ini nantinya akan diberikan langsung melalui Kadus bersama BPD Desa Teluk Kijing 2 dari masing-masing Dusun di Teluk Kijing 2, dengan ditempelnya daftar penerima BLT ini diharapkan tidak muncul gejolak dimasyarakat, kalo mau puas dak bakalan puas, kalo mau dibagi rata tidak ada payung hukumnya karena Quota penerima BLT berdasarkan persen dari besaran Dana Desa.” Jelas Margareta dikutip dari laman mubaonline.com.

Paling tidak ada 285 Kepala Keluarga Teluk Kijing 2 yang akan menerima BLT ini, yang dibagi menjadi 50 rumah tangga untuk Dusun 1, 69 rumah tangga untuk Dusun 2, 100 rumah tangga untuk Dusun 3, 46 rumah tangga untuk Dusun 4 dan 46 rumah tangga untuk Dusun 4 dan 20 rumah tangga untuk Dusun 5 Desa Teluk kijing 2 yang menggunakan anggaran Dana Desa 35%.

Tidak hanya 285 rumah tangga dari anggaran Dana Desa 2020, tetapi ada juga 93 keluarga yang juga akan menerima BLT dari Dana ADDK dan 24 penerima BLT dari Dana Sosial.

Secara akumulatif dari jumlah penerima Kijing Bay Village 2 BLT dari berbagai sumber pendanaan sebanyak 402 keluarga.

“Dengan adanya BLT ini semoga masyarakat terbantu akibat dampak corona ini, saya berharap tidak ada gejolak dimasyarakat karena insya allah tepat sasaran bagi penerima dan memang layak menerima BLT ini. Untuk pencairan dana bantuan BLT ini insya allah akan dicairkan sekitar tanggal 15 nanti.” ujar Margareta.

Sebagai Satu-satunya Kepala Desa yang berani mengumumkan kepada masyarakat daftar penerima BLT di wilayah Kecamatan Lais dirinya berharap desa lain akan mengikuti jejaknya untuk mengumumkan daftar penerima BLT di Desa masing-masing.

Pos terkait