Gawat! Ribuan Tentara India dan Tiongkok Siap Perang

  • Whatsapp

Beritasulbar.com – Ketegangan antara Cina dan India di perbatasan Lembah Galwan terus meningkat.

Mengutip Times of India, menanggapi ribuan pasukan Cina telah melonjak sekitar 3 km ke wilayah India di bagian tenggara Galwan, atau Danau Pangong yang termasuk dalam Garis Kontrol Aktual (LAC).

Bacaan Lainnya

Pasukan Tiongkok diketahui telah membangun ratusan barak di sekitar perbatasan, termasuk kemungkinan membangun bankir dan memarkir sejumlah kendaraan berat.

Tidak mau mundur dan memilih untuk menantang, India juga memutuskan untuk mengerahkan ribuan pasukan Batalyon Infanteri Angkatan Darat.

Menyusul pada 5 Mei dan 9 Mei, pasukan India dan Cina bentrok di lokasi pembangunan infrastruktur Negeri Tirai Bambu, di Lembah Galwan. Dilaporkan, sekitar 100 tentara India dan Cina terluka.

Sengketa perbatasan India-Cina mencakup 3.488 km LAC. Cina mengklaim Arunachal Pradesh sebagai bagian dari Tibet selatan sementara India membantahnya.

Karena itu, ketegangan dipicu ketika pemerintah Cina menganggap pasukan pertahanan India menghalangi patroli dan operasi pasukan perbatasan China.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri India telah membantah gagasan China, ia menuduh militer Beijing mengganggu perbatasan dan memblokir patroli militer India di sepanjang LAC, di Lembah Galwan.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 23 Mei, Panglima Angkatan Darat India, MM Naravane, secara singkat mengunjungi pangkalan militer India di Ladakh untuk menanggapi langsung ketegangan yang terjadi di perbatasan Lembah Galwan.

Sejauh ini, para pemimpin militer Cina dan India telah mengalami kebuntuan dua kali dalam pembicaraan damai di Lembah Galwan.

Akibatnya, kedua negara bersikeras mempertahankan posisi masing-masing. Jadi, sangat mungkin perang besar antara kedua negara akan terjadi dalam waktu dekat

  • Whatsapp