Berhasil pada monyet, vaksin Corona siap untuk diuji pada manusia

  • Whatsapp
ilustrasi vaksin COVID-19

Beritasulbar.com, Para ilmuwan di Cina sebelumnya dilaporkan melakukan uji coba vaksin virus Corona SARS-CoV-2 pada monyet. Hasilnya, monyet itu kebal dan terlindung dari infeksi COVID-19.

Lebih lanjut, penelitian vaksin akan berlanjut ke uji klinis pada manusia. Ini untuk menentukan apakah vaksin itu juga efektif pada manusia atau tidak.

Bacaan Lainnya

Eksperimen hewan ini, yang diterbitkan dalam jurnal pracetak bioRxiv, belum pernah ditinjau secara formal. Namun, vaksin Corona eksperimental yang inovatif ini dipuji oleh ilmuwan lain.

“Jadi ini adalah data praklinis ‘serius’ pertama yang saya lihat untuk kandidat vaksin Corona yang sebenarnya,” ujar Florian Krammer, seorang profesor di Departemen Mikrobiologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, lewat unggahan di Twitter pada 22 April.

Sebelum diuji pada manusia, vaksin virus Corona SARS-CoV-2 memang harus lulus uji praklinis pada hewan. Vaksin eksperimental ini menunjukkan hasil yang menjanjikan pada monyet rhesus sebelum diuji pada manusia.

Pada tahap selanjutnya, vaksin akan diuji pada 144 orang untuk menguji keamanan dan efektivitas vaksin, serta efek sampingnya. Vaksin kemudian akan memasuki tahap pengujian efikasi untuk lebih dari 1.000 orang tambahan.

Menurut Meng Weining, Direktur Senior Sinovac Biotech, tes efikasi bertujuan untuk melihat apakah vaksin memicu respons kekebalan yang memadai.

Vaksin Sinovac berisi versi tidak aktif dari SARS-CoV-2. Dengan memasukkan virus tidak aktif ke dalam tubuh, vaksin harus dapat mendorong sistem kekebalan untuk membangun antibodi yang menargetkan patogen tanpa memicu infeksi.

 
  • Whatsapp